Belajar Komputer Dasar Pada Microsoft Excel


Belajar Komputer Dasar Pada Microsoft Excel. Belajar komputer adalah sangat penting untuk kita pemula yang baru mengenal komputer. Salah satunya yaitu belajar komputer dasar excel. Excel sendiri merupakan bagian dari Microsoft yaitu Microsoft Coorporation. Excel merupakan sebuah program spreadsheet untuk system Operasi Windows dan Mac Os.

Microsoft excel adalah salah satu bahan belajar komputer dasar yang popular digunakan pada komputer mikro hingga saat ini. Program ini termasuk program spreadsheet yang paling banyak digunakan banyak pihak dampai saat ini. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang bagus degan menggunakan strategi marketing Microsoft.

Belajar komputer excel yang mudah bisa dimulai dari kita mengenal exstensi yang ada pada Microsoft Excel.

Exstensi Microsoft Excel:
•*.xls, Format default pada microsoft Excel sebelum Excel 12. Format ini masih bisa menyimpan macro VBA dan masih berbasis BIFF.
•*.xlt, Format untuk template worksheet sebelum Excel 12.
•*.XML sering disebut juga XML spreadsheet. Tapi format ini tidak mampu menggunakan macro VBA.
•*.xla, digunakan untuk format Excel Add-in sebelum Excel 12. Tujuannya untuk menambah kemampuan Microsoft Excel.
•*.xlsx,  ini adalah format default untuk Microsoft Excel 12. Format ini sudah termasuk XML dan tidak dapat menyimpan macro VBA.
•*.xlsm, format worksheet Excel 12. Sudah berbasis XML dan mampu menyimpan macro VBA.
•*.xlsb,  format worksheet excel 12 yang sudah dikodekan menjadi bentuk biner. Memiliki keunggulan lebih efisien dan cepat dibuka. Format ini dibuat untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri samapi puluhan ribu baris atau kolom.
•*.xltm,  format yang digunakan untuk template worksheet excel 12. Dan merupakan pengganti dari format *.xlt.
•*.xlam, format untuk Excel Add-in pada Excel 12 dan mempunyai kemampuan unuk menambahkan ekmampuan pada Excel.

Belajar komputer dasar excel yang selanjutnya yaitu:

1.Membuka lembar kerja excel
•Klik tombol start pada taskbar.
•Pilih Microsoft Office –> Microsoft Excel.
Unsur-unsur dalam Microsoft excel:
•Judul, untuk menampilakn judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja aktif.
•Office Button, berisi perintah untuk pengoperasian program. Missal membuat dokumen baru, menyimpan dokumen, mencetak dan mempublish dokumen.
•Quick Access Toolbaar, berupa sarana untuk mempercepat akses berkomunikasi, missal menyimpan, mencetak, dan lain sebagainya.
•Toolbar, berisi tool-tool bawaan dari excel yang memepermudah dalam pengoperasian program.
•Help, ketika kita bingung akan excel, kita bisa bertanya pada tempat ini.
•Workbook (Lembar Kerja), berisikan halaman, section, dan insertion point.
•Cell, merupakan nomor baris, nomor kolom, nama range(penggabungan anatar sel/beberapa sel apda lembar sheet), fungsi dan penggulungan vertical dan Horisontal.

2.Memformat Ukuran Kolom
•Letakkan pointer di pembatas kolom yang ingin dirubah ukurannya lalu drag sesuai ukuran yang kita inginkan.
•Jika ingin lebih dari 1 kolom yang kita rubah, maka blok kolom tersebut lalu klik home
•Dan klik format Column Width, isi lebar kolom dan Ok.

3.Merubah ukuran Baris
•Letakkan pointer pada pembatas baris, lalu drag sesuai ukuran yang diinginkan.
•Jika lebihdari satu baris, maka blok baris.
•Lalu klik Home, pilih Format -> RowHeight.
•Isi lebar baris dan Ok.

4.SHEET( Lembar Kerja)
•Untuk menambah file baru bisa klik File-> New atau tekan CTEL + N.
•Untuk mengganti nama sheet bisa klik kanan pada shhet dan Rename.
•Untuk menghapusnya klik kanan juga pada sheet lalu Delete.

5.FILE
•Menyimpan File, yaitu klik File -> Save atau CTRL+S.
•Membuka file yaitu, klik File -> Open lalu pilih direktori, dan pilih file.

6.Mengcopy Sel
•Blok sel yang ingin di-Copy
•Pilih menu Edit – Copy (Ctrl + C)
•Pilih sel untuk menempatkan hasil copy-an
•Pilih menu Edit – Paste (Ctrl + V) untuk mengeluarkan isi copy-an

7.Memindahkan Sel
•Blok sel yang ingin dipindahkan
•Lalu Pilih Menu Edit –> Cut (Ctrl + X)
•Pilih sel yang baru untuk meletakkan hasil pindahan
•Pilih menu Edit –> Paste (Ctrl + V)

8.Membuat Nomor & Bulan Berurut
•Ketik angka atau bulan pertama pada sel yang diinginkan
•Ketikan angka atau bulan kedua pada sel selanjutnya (berurutan)
•Blok kedua sel tersebut secara berurutan
•Letakkan pointer pada sudut kanan bawah hingga keluar tanda tambah +

9.Menggabungkan Sel
•Blok sel yang ingin digabungkan
•Pilih menu Format – Cells
•Klik Alignment
•Tandai / klik Merge Cells – Ok

10.Mengetengahkan Teks
•Klik tab Home
•Klik di tanda panah icon Alignment
•Klik Alignment
•Pada Horizontal pilih Center
•Pada Vertical pilih Center
•Klik Ok

11.Mengatur Tata Letak Teks
•Klik sel dimana terdapat teks yang ingin diatur tata letaknya
•Klik Alignment
•Pada Orientation aturlah tata letak dan derajat kemiringan teks dan klik ok

12.Membuat Garis Tabel
•Blok seluruh sel yang ingin diberi garis table
•Klik Alignment
•Klik Border
•Pilih garis tabel yang ingin Anda masukkan dan Ok

13.Membuat Simbol Mata Uang
•Blok semua angka yang ingin diberi simbul mata uang
•Klik Alignment
•Pilih Number
•Klik Accounting
•Pilih mata uang di Symbol
•Isikan angka 0 (nol) pada Decimal Places lalu Klik Ok

14.Membuat Nama Satuan Pada Penulisan Angka
•Blok semua sel yang berisi angka
•Klik Alignment
•Klik Number – Custom
•Pada Type tuliskan 0 “unit” (untuk nama satuan unit) dan Klik Ok


EmoticonEmoticon