Teknik Budidaya Ikan Hias Nila Merah


Teknik Budidaya Ikan Hias Nila Merah. Ikan nila merah merupakan salah satu ikan hias yang cocok unutk dipelihara disekitar rumah kita. Air kolam yang bersih akan membuat ikan hias ini indaah dipandang, karena warna warna ikan nila merah ini sangat lah bervariasi. Ada yang melakukan budidaya ikan nila sebagai usaha bisnis jual beli ikan atau usaha kuliner karena pasar ikan nila lumayan menguntungkan.

Rasa ikan nila yang enak dan kandungan proteinnya yang banyak juga menambah nilai plus untuk dijadikan sebagai peliharaan ikan hias didalam rumah atau di budidayakan di sekitar rumah.  Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Cara budidaya ikan hias ini sangat lah mudah. Jika kita memperhatikan cara yang tepat agar pemeliharaan ikan nila merah ini menjadi optimal dan berkembang biak dengan baik. Sebelum kita mengupas cara budidaya ikan nila merah, apakah kalain sudah mengetahui bagaimana bentuk ikan nila merah itu? Tenang, berikut gambar ikan nila untuk kamu yang belum tahu.

Berikut hal -hal yang perlu kita perhatikan dalam budidaya ikan hias nila:

1.Memilih bibit ikan nila hias yang unggul
Menjaga kualitas bibit ikan sangan penting untuk memperoleh ikan nila yang baik dan berkualitas. Ciri-ciri bibit ikan yang unggul yaitu:
•Memiliki warna cerah dan kelihatan segar.
•Mampu memproduksi benih yang banyak.
•Memiliki postur tubuh yang bagus.
•Responsive yang bagus terhadap makanan
•Induk yang baik dipijahkan sekitar umur 4-5 bulan.

2.Cara pemijahan ikan nila hias
•Siapkan kolam untuk pemijahan kemudian lakukan pengeringan selama 2-3 hari. Hal ini berfungsi untuk membunuh bakteri jahat yang bisa membunuh benih ikan.
•Lakukan pengkapuran agar kualitas kolam baik dan terhindar dari penyakit. pH yang baik untuk tanah yaitu pH 7.
•Kemudian lakukan pemupukan, sehingga pertumbuhan ikan akan lebih cepat dan baik.
•Isikan air hingga mempunyai kedalaman 30-50 cm. air harus bebeas dari pencemaran fisik, kimia maupunn biologi. Bebas dari pestisida, deterjen, minyak, dan logam berat. Bebas dari gulma dan hewan pemangsa.
•Langkah selanjutnya yaitu tebarkan benih induk ikan nila merah.
•Beri pakan yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein agar ikan mau berproduksi.

3.Pemeliharaan ikan nila merah
Pemeliharaan merupakan salah satu factor penentu keberhasilan emmbudidayakan ikan nila merah. Hal yang perlu diperhatikan saat pemeliharaan ikan nila merah yaitu:
•Pemberian pakan. Pemberian pakan dialkuakn2 kali sehari denagn syarat pakan harus mengandung 30% protein, atau 3 % dari berat badan ikan nila.
•Pengelolaan air kolam
Kondisi air yang cocok untuk pemeliharaan ikan nila yaitu air yang mengandung oksigen banyak dan memiliki pH 6-70 . sebaiknya lakuakn penggantian air minimal seminggu sekali sebanyak sepertiga volume air kolam. Kemudian kita bisa menambahkan kincir angin ditengah-tengah kolam untuk membantu sirkulasi oksigen.

4.Pemanenan
Dalam kurun waktu 4-6 bulan biasanya ikan nila merah memiliki berat antara 300 hingga 500 gram. Dalam proses pemanenan kita harus hati-hati agar ikan nila tetep hidup dan sehat. Angkat ikan menggunakan jarring atau serokkan yang besar kemudian langsung letakkan pada tempat yang berisi air dan mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Latest


EmoticonEmoticon