Mengenal Sun Bear, Si Hewan Beruang Madu


Mengenal Sun Bear, Si Hewan Beruang Madu. Beruang madu atau Sun bear ini memiliki nama latin “Helarctos Malayanus”. Beruang ini merupakan jenis beruang terkecil yang ada diseluruh belahan bumi manapun.

Dinamakan Sun Bear karena pada tubuh hewan ini memiliki tanda di dada dan sekitar lehernya yang berbentuk huruv “V” seperti matahari terbit dan berwarna putih. Dan nama beruang madu ini diambil karena orang Indonesia melihat kebiasaan dari beruang ini yang sangat senang meminum madu.

Beruang madu merupakan salah satu binatang endemik dari Indonesia. Beruang madu memiliki panjang tubuh sekitar 1,40 m dengan tinggi sekitar 70 cm. beratnya anatra 50-65 kg. tubuh beruang ini ditutupi oleh bulu hitam yang pendek dan berkilau. Beruang madu betina biasanya memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan beruang madu jantan.

Beruang madu termasuk hewan nokturnal.yaitu bunatang yang lebih suka aktif di malam hari. Dan termasuk binatang yang suka menyendiri atau soliter, kecuali beruang madu betina yang sedang mengasuh anaknya.

 Habitat Beruang ini hidup di iklim yang tropis dan sub tropis. Binatang ini sering ditemukan di atas pohon yang dengan ketinggian biasanya 2-7 meter. Hal ini juga yang emmbat beruan ini dikenal akan kelihaiannya memanjat. Di sanalah biasanya mereka membuat sarang dari potongan ranting. Beruang ini adalah salah satu jenis beruang yang tidak mengenal hibernasi.

Untuk cara reproduksinya, beruang madu berkembang biak denagn cara melahirkan. Hewan ini biasanya mengandung sekitar 3,5 bulan dan 1,5 tahun unutk menyusui. Tidak ada musim yang tepat untuk melakukan reproduksi, sehingga hewan ini bisa melakukannya setiap saat.


EmoticonEmoticon