Cara membuat teh bunga rosella


Apakah anda memiliki tanaman rosella? Apakah anda tau rossela tersebut bisa dijadikan teh?. Rosella yang bernama latin Hibiscus sabdariffa Linn adalah tanaman dari keluarga jenis kembang sepatu. Tanaman ini berasal dari afrika dan timur tengah . tanaman yang memiliki ketinggian 3 sampai 5 meter ini termasuk dalam tanaman perdu. Jika sudah dewasa tanaman ini akan mengeluarkan bunga yang berwarna merah menyala. Dan bunga dari tanaman rossela memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Bunga rosella ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena bunga rosella memiliki kandungan Vitamin C dan kandungan mineral esensial yang cukup tinggi. Vitamin C pada bunga rosella banyak dipercaya bisa menangkal radikal bebas penyebab kangker. Kandungan dalam bunga rosella juga mengandung kalsium yang tinggi yang dapat mencegah keroposnya tulang. Bunga rosella juga bisa meningkatkan imunitas tubuk kita, agar tubuh kita tidak gampang terserang penyakit.

Banyak olahan bunga rosella salah satunya yaitu dijadikan teh, the rosella beda dengan the pada umumnya karena warnanya yang merah dan mempunyai rasa yang segar. Kenikmatan the rosella sudah tidak diragukan lagi karena memang rasanya beda dengan teh – teh lainnya karena the rosella terasa lebih segar, kecut, dan juga nikmat. Selain nikmat teh bunga rosella juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan karena dalam setiap 10 gram rosella mengandung 260 sampai 280 miligram Vitamin C, B1 , B2 dan Vitamin D. kandungan selain vitamin yaitu kalsium , omega 3 serta magnesium.

Apakah anda tertarik dengan membuat the rosella sendiri? Berikut adalah cara membuat teh rosella :

Bahan :
3 atau 6 bunga rosella yang sudah kering
Gula atau madu
Air panas

Cara membuat:
Ambil air secukupnya kemudian rebus hingga mendidih.
Setelah air mendidih kemudian tuang dalam teko atau gelas.
Kemudian masukan bunga rosella yang sudah kering.
Masukan gula secukupnya atau madu secukupnya.
Diamkan selama 5 sampai 10 menit.
Kemudian aduk secara merata samapai air tersebut berwarna merah menyala.


EmoticonEmoticon