Fungsi hutan mangrove di pantai


Hutam mabgrove atau bakau adalah hutan yang tumbuh di air payau atau pertemuan air tawar dan air laut, hutan mangrove tumbuh khususnya ditempat – tempat dimana terjadi akumulasi bahan organic dan pelumpuran.

Hutan mangrove atau yang sering kita kenal hutan bakau merupakan salah satu jenis hutan namun tidak sebesar hutan lindung, tetapi memiliki peran baik bagi lingkungan sekitar khususnya daerah tepian pantai. Hutan ini sudah tidak asing lagi bangi kita, Karena memiliki fungsi yang sangat berpengaruh bagi daratan dari pasang surut air laut.

Hutan mangrove atau hutan bakau merupakan sumber daya alam yang memberikan keuntungan bagi makhluk hidup lainnya, Karena produktifitasnya yang tinggi serta kemampuan untuk menjaga dan memelihara alam. Karena hutan mangrove memberikan fungsi ekologis sebab itulah hutan mangrove menjadi salah satu produsen utuma bagi perikanan yang di laut. Karena hutan mangrove memproduksi nutrient yang dapat membantu penyuburan perairan laut, nitrogen dan sulfur serta membantu perputaran karbon.

Fungsi utama dari hutan mangrove atau bakau ini adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau penggikisan daratan oleh air laut, serta menjadi pemecah ombak atau gelombang besar termasuk tsunami. Selain itu masih banyak fungsi lain dari hutan mangrove , berikut adalah fungsi – fungsi dari hutan mangrove di pantai.

Fungsi hutan mangrove di pantai :

1.Mencegah abrasi
Abrasi adalah proses pengikisan daratan atau tanah Karena factor gelombang air laut. Ketika daratan terlalu sering terjadi gesekan antara daratan dan air laut. Akibat abrasi daratan semakin mengikis dan menyempit sehingga air laut mudah untuk naik kedaratan. Dengan adanya hutan mangrove adalah sebagai tameng untuk daratan agar tidak terkikis oleh air laut.

2.Menjadi tempat tinggal bagi ikan
Karena dari hutan mangrove berada di air maka setengah dari hutan berada pada air, hal ini dapat menjadi tempat tinggal bagi para ikan air payau atau air laut. Beberapa hewan yang dapat hidup di daerah hutan mangrove seperti ikan, kepiting, serta ubur – ubur.

3.Menjaga kestabilan garis pantai
Karena adanya hutan mangrove garis pantai menjadi terjaka Karena adanya hutan tersebut dapat memecah gelombang yang akan mengkikis daratan. Jika tidak adanya hutan mangrove makan akan terjadinya penkikisan pantai.

4.Sebagai sumber konsumsi
Karena dalam hutan mangrove terdapat tumbuhan – tumbuhan yang memiliki buat atau biji – bijian yang menjadi sumber makanan bagi hewan lain seperti burung, serta juga bisa kita konsumsi seperti jenis tumbuhan pakis laut.

5.Mencegah tsunami
Tsunami adalah bencana alam yang tidak dapat kita perkirakan datangnnya, namun masih bisa kita cegah dengan adanya hutan mangrove.

6.Menahan lumpur serta mencegah intrusi air laut
Hutan mangrove bisa mencegah intrusi air laut, atau masuknya dan naiknya gelombang pasang air laut ke daratan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya banjir rob, ataupun sedimentasi dari lumpur yang ikut terbawa.


EmoticonEmoticon