Kapan dan bulan apa saja musim hujan di Indonesia


kapan dan bulan apa saja musim hujan di Indonesia. Tidak sama dengan negara-negara lain yang meiliki 4 musim, Indonesia hanya memiliki 2 musim dalam setiap tahunnya. Negara kita ini merupakan wilayah dwi musim karena hanya memiliki 2 musim. Yaitu musim hujan dan musim kemarau, namun musim-musim ini tidak dapat diprediksi secara pasti.

Iklim tropis yang bersifat panas yang berakibat sebagian wilayah yang ada di Indonesia mengandung curah hujan yang tinggi dan hujan naik tropika, jika musim hujan datang beberapa wilayah di Indonesia kewalahan menampung debit air yang turun dan dapat mengakibatkan banjir, dan jika sedang musim kemarau datang maka beberapa wilahyah yang ada di Indonesia mengalami krisis air bersih.

Untuk mempersiapkan datangnya musim hujan atau musim kemarau, kita harus tau kapan datangnya musim hujan atau kemarau agar kita bisa2 mempersiapkan dengan matang agar wilayah kita tidak keabnjiran atau tidak kiris air bersih, berikut adalah informasi tentang kapan dan bulan apa saja musim hujan di indonesi.
Musim hujan

Musim hujan atau musim basah adalah musim dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah.terjadinya musim hujan karena disebabkan oleh hembusan angin muson barat yang bertiup dari benua asia yang bertekanan maksiaml ke benua Australia. Angin muson ini banyak membawa uap air sehingan di sebagian besar wilayah Indonesia mengalami hujan.

Di dearah tropis seperti Indonesia, musim hujan bergantian dengan musim kemarau. Menurut data dan kejadian- keajdian dari tahun sebelumnya, mulainya musim hujan dimulai pada bulan oktober sampai dengan bulau maret. Musim hujan ini bagi sebagian orang adalah hal yang menguntukan contohnya seperti petani, tetapi bagi wilayah wilayah dengan lingkunganya kurang baik seperti daerah resapan yang kurang akan terjadi banjir.

1 comments:


EmoticonEmoticon