Manfaat tumbuhan paku bagi kehidupan


Tumbuhan paku adalah tumbuhan jenis parasite yang tumbuh dan sering kita temukan diaerah dataran tinggi dan juga daerah yang lembab. Tumbuhan paku  atau biasa disebut tumbuhan pakis ini sering disebut juga tanaman penganggu karena sering menempel pada pohon atau pun tanaman lainnya, namun disebut tanaman parasite tetapi tumbuhan paku juga memiliki manfaat yang baik untuk kehidupan.

Walaupun banyak orang yang tidak suka dengan tumbuhan ini, tetapi banyak juga yang membuat tumbuhan ini menjadi tanaman hias. Tidak hanya menjadi tanaman hias saja, tumbuhan paku juga banyak manfaatnya. Ciri khas dari tumbuhan paku adalah daun yang menggulang pada saat masih muda. Tumbuhan paku memiliki ukuran yang berbeda beda tergantung pada jenisnya.

Manfaat tumbuhan paku bisa digunakan sebagai pupuk alami untuk menyuburkan tanah. Pada tumbuhan ini terdapat kantung kantung kecil yang menjadi rumah bagi beberapa jenis bakteri penghasil pupuk alami. Selain untuk menyuburkan tanah tanaman paku juga memiliki manfaat lainnya. Berikut adalah manfaat dari tumbuhan paku :

Manfaat tumbuhan paku

  1. Sebagai pupuk alami.
  2. Beberapa jenis tumbuhan paku bisa juga menjadi makanan seperti pada jenis tumubuhan paku Marsilea Crenata dan Pteridium Aqualium.
  3. Sebagian jenis tumbuhan paku bisa dijadikan obat – obatan alami seperti pada jenis Lycopodium clavatum, Aspidium sp, dan Dryopetris filix mas.
  4. Bisa dijadikan tanaman hias.
  5. Sebagai salah satu bahan dalam pembuatan karangan bunga.


Berikut adalah jenis tumbuhan paku :

1. Paku ekor kuda (Sphenopsida)
Tumbuhan paku jenis ini bentuknya sesuai dengan namanya, karena jenis ini mempunyai percabangan pada batangnya dengan bentuk yang menyerupai ekor kuda.

2. Paku sejati (Pteropsida)
Tumbuhan paku jenis ini umumnya hidup dan berkembang biak di daerah yang lembab seperti pada daerah yang berekosistem hutan hujan tropis. Tumbuhan pakis jenis ini tumbuh pada sela pohon sawit.

3. Paku purba (Psilosida)
Tumbuhan paku jenis ini sudah ada pada jaman purba, maka dari itu tanaman ini disebut paku purba. Tumbuhan paku ini sudah mulai mengalami kepunahan. Bahkan ada yangmenemukannya berupa fosil.

4.Paku kawat (Lycopsida)
Tumbuhan paku jenis ini sangat melimpah pada masa Karboniferus.hampir semua tumbuhan paku jenis ini sudah mengalami kepunahan, namun beberapa masih bisa kita temukan di permukaan tanah atau pada kulit pohon.


EmoticonEmoticon