Bebagai macam dampak pencemaran air


Bebagai Macam Dampak Pencemaran Air. Bumi merupakan planet satu-satunya di tata surya yang dihuni oleh makhluk hidup. Mengapa bisa? Ya, ini karena keistimewaan bumi yang memiliki sesuatu yang mendukung hajat hidup makhluk hidup, sehingg amakhluk hidup dengan mudah hidup di Bumi.

Bumi diliputi udara yang banyak mengandung oksigen, dan alasan lain planet bumi dapat dihidupi adalah adanya kandungan air. Seperti yang kita tahu, air merupakan komponen yang sangat penting abgi makhluk hidup yang tidak kalah pentingnya dengan udara. Apabila kita kekurangn air maka kita tidak akan bertahn hidup dengan lama. Ini dikarenakan air yang menjadi sumber cairan yang dibutuhkan tumbuhan, manusia, binatang, maupun makhluk hidup lainnya untuk bertahan hidup.

Semakin kesini, pencemaran air pun semakin memprihatinkan. Pencemaran air sendiri menurut Wikipedia adalah perubahan keadaan diaman tempat penampungan air akibat manusia. masuknya suatu zat, mkhluk hidup, energi atau komponen lainnya ke dalam air. Penceamaran ini juga bisa merubah komposisi air yang banyak disebabkan oleh kegiatan manusia dan proses alam.

Pencemaran air, baik laut, sungai, maupun air bawah tanah, semakin kesini semakin menjadi permasalahan di Indonesia. Untuk mendapatkan air bersih bukan hal yang mudah lagi. Pencemaran yang sebagian besar diakibatkan oleh aktivitas manusia, contohnya dari limbah pertanian, limbah pabrik, dan termasuk limbah rumah tangga.

Dampak Pencemaran Air
Dampak yang muncul akibat pencemaran air sangat banyak dan tentunya ini merugikan bagi lingkungan, manusia dan banyak kehidupan organisme lainnya.  karena kita tahu bahwasannya pencemaran itu bersifat negative dan merusak. Berikut beberapa dampakdari pencemaran air:

1.Mematikan binatang-binatang yang ada di air
Damoak ini akan mematikan binatag-binatang yang ada dia air. Hal ini karena binatang air bernafas menggunakan oksigen didalam air. Ketika oksigen  yang tersisa di air menurun, maka binatang akan kesulitan untuk bernafas dan akhirnya akan mati.

2.Menurunkan kadar oksigen
Air yang tercemar akan menghalangi sinar matahari masuk ke dalam air tersebut karena sudah dipenuhi bergbagai macam larutan. Hal ini akan berakibat pada tumbuhan yang akan kesulitan untuk melakukan fotosintesis. Karena fotosintesis merupak proses tumbuhan untuk menghasilkan oksigen. Jika proses fotosintesi terhalangi, maka kandungan oksigen didalam air akan hanya sedikit.

3.Mengganggu kehidupan binatang dan tumbuhan
Jelas hal ini akan mengganggu kehidupan semua makhluk hidup. Air yang tercemar akan tetap dikonsumsi oleh makhluk hidup. Hal ini lah yang menyebabkan berbagai polutan masuk kedalam tubuh kita sehingga menimbulkan rasa sakit. Serta untuk para binatang dan tumbuhan, air merupakan habitat mereka untuk hidup. Jika air tercemar, maka kehidupan mereka juga akan terancam.

4.Meningkatkan kecepatan reaksi kimia
Karean air yang sudah mengandung banyak polutan. Dan banyak dari poluan merupakan bahn-bahan kimia. Ketika air banyak mengandung bahan kimia, hal ini dapat meningkatkan kecepatan reaksi kimia yang ada dalam air.

5.Mengganggu kesuburan tanah
Hal ini kareana air yang meresap ke tanah mengandung berbagai zat polutan. Dan akan mengganggu kesuburan tanah disekitarnya juga.



EmoticonEmoticon