Kenali Bahaya Merokok Bagi Kesehatan


Kenali Bahaya Merokok Bagi Kesehatan. Bahaya merokok bagi kesehatan dapat membahayakan hampir semua bagian-bagian oragan pada tubuh kita dan juga akan menimbulkan berbagai penyakit yang tentunya merugikan bagi tubuh kita, dengan mengurangi kebiasaan merokok, dapat mengurangi terjakitnya penyakit yang berbahaya, maupun jangka panjang atau pun jangka pendek.

Pasti semua orang sudah tidak asing dengan slogan-slogan peringatan “Dilarang merokok” atau “Rokok Membunuhmu”, kata-kata tersebut dengan mudah kita temui di bungkus rokok pada jaman sekarang. Sepertinya tidak mengherankan untuk mengingatkan para pecandu rokok tentang bahaya merokok, karena dampak-dampak negatif yang ditimbulkan akibat merokok bagi kesehatan tubuh anda.

Salah satu kosukensi utama bagi pecandu rokok adalah menderita penyakit jantung, yang diperkirakan sekitar 20% kematian akibat penyakit jantung akibat rokok. Karena didalam rokok terdapat zat-zat yang berbahaya, didalam rokok ada 4.000 bahan kimia dan 250  diantaranya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, berikut adalah bahaya rokok bagi kesehatan:

1.Penyakit jantung
Merokok dapat menimbulkan pengerasan dalam pemubuluh darah atau disebut aterosklerosis. Kondisi seperti ini merupakan penumpukan zat lemak pada arteri, penyempitan pembuluh darah dikarenakan lemak dan plak memblok aliran darah, hal ini dapat menyebabkan ganguan pada jantung dan terburuknya terserang penyakit jantung.
Semakin banyak asap rokok yang telah dihisap maka semakin besar pula kesempatan untuk mengembangnya penyakit jantung.

2.Penyakit Paru-paru
Risiko terkenanya pentakit seperti bronkitis, emfisema, atau pneumonia dapat mengingkat karena kebiasan merokok. Pentakit paru-paru tersebut dapat berlangsung dan bertambah buruk dengan seriringnya waktu dan juga ditambah seseorang tersebut terus menerus merokok sampai akhirnya orang tersebut meninggal.

3.Diabetes
Kebiasanan merokok memberikan dampak buruk pada kesehatan yaitu dapat meningkatkan resiko terkenanya diabetes, bahaya merokok juga dapat menyebabkan komplikasi dari diabetes itu sendiri, seperti penyakit mata, stroke, ginjal dan juga samapi penyakit jantung.

4.Ipotensi
Penyebab ipotensi karena beberapa factor salah satunya akubat merokok, ipotensi bisa terjadi karena rokok mengakibatkan menyempitnya pembuluh darah, pembuluh darah pada alat reproduksi juga kemungkinan besar dapat berpengaruh, karena merupakan pembuluh darah yang berukuran kecil dan juga dapat mengakibatkan impoten.

5.Ganguan pernafasan
Bahaya merokok bagi tubuh juga sangat berpengaruh pada organ pernafasan, karena dapat meningkatkan resiko kematian karena terjangkit penyakit paru-paru yang kronis sampai 10 kali lipat, karena merokok sekitar 90% kematian karenan terkena penyakit paru-paru kronis.

6.Ganguan Janin
Bagi anda perempuan yang suka merokok segeralah anda berhenti karena merokok dapat mengakibabkan gangguan panja janin jika anda sedang mengandung, selain itu juga dapat menyebabkan keguguran sampai kematian janin, akibat bagi bayi yaitu akan lahir dengan berat badan yang rendah, serta sindrom kematian mendadak.

7.Kanker
Akibat dari kanekr paru-paru bisa menyebabkan kematian hingga 90 % pada pria dan 80% pada wanita. Hal ini dikarenakan perokok pasif yang tinggal bersama perokok aktif mengalami resiko 24% lebih tinggi unutk terkena penaykit kanker paru-paru. Bahaya merokok juga bisa menyebabkan kanker yang lain, yaitu kanker kantung kencing, rongga mulut, esophagus, serviks, dan perut.


EmoticonEmoticon