Fungsi kapasitor bank untuk mobil maupun motor


Fungsi kapasitor bank untuk mobil maupun motor. Membahas kapasitor seperti kita mengulas kembali materi elektronika pada saat di bangku sekolah. Ada banyak komponen-komponen elektronika yang kita pelajari pada saat kita sekolah dulu, salah satunya yaitu kapasitor. Kapasitor adalah salah satu komponen elektronika yang dapat menyipan tegangan listrik dalam bentuk muatan. Kapasitor juga bisa berfungsi sebagai penstabil tegangan. Tetapi kita lebih dalam lagi membahas tentang kapasitor yaitu tentang kapasitor bank.

Kapasitor mang merupakan salah satu komponen elektronika yang dibangun dari beberapa kapasitor, dimana fungsi kapasitor bank dan tujuannya untuk mambaiki factor daya. Kapasitor sangat penting bagi komponen elektronika yang ada di kendaraan seperti mobil dan motor. Kapasitas untuk menyimpan kemampuan kapasitor dalam muatan listrik disebut Farad (F) sedangkan symbol dari kapasitor sendiri adalah C.

Sebuah kapasitor pada umumnya terbuat dari dua buah lempengan logam yang saling sejajar satu sama lain dan diantaranya kedua logam tersebut terdaoat bahan isolataor yang sering disebut dielektrik. Dielektrik merupakan bahan yang dapat mempengaruhi nilai dari kapasitansi kapasitor. Bahan yang sering dijadikan dielektrik antara lain keramik, kertas, metal film, gelas, vakum dan lain lain. Kapasitor sering juga disebut kondensator. Kapasitor memiliki berbagai bentuk macam dan ukuran, tergantung dari kapasitas kapasitor tersebut.

Cara kerja kapasitor dalam sebuah rangkain elektronika adalah dengan mengalirkan electron menuju kapasitor. Pada saat kapasitor sudah dipenuhi dengan electron, tegangan akan mengalami perubahan. Selajutnya, electron akan keluar dari sebuah kapasitor  dan mengalir menuju rangkaian elektronika lainnya.
Banyak fungsi dari kapasitor bank. Pada peralatan elektronika, kapasitor bank merupakan salah satu jenis komponen yang elektronika yang paling sering digunakan. Hal ini dikarenakan kapasitor memiliki banyak fungsi setiap rangkaiannya elektronika yang memerlukannya seperti yaitu fungsi kapasitor bank pada audio mobil, fungsi kapasitor untuk motor.

Fungsi kapasitor bank pada motor dan mobil:

1. Sebagai penyimpan arus atau tegangan listrik
2. Sebagai filter dalam rangkaian power supply atau catu daya
3. Sebagai penggeser fasa
4. Sebagai pembangkkit frekuensi dalam rangkain elektronika
5. Mencari gelombang frekuensi
6. Sebagai konduktor yang dapat melewatkan arus AC
7. Sebagai kopling
8. Sebagai isolator yang datap menghambat arus DC


EmoticonEmoticon