8 Cara Menjaga Kesehatan Mata


8 Cara Menjaga Kesehatan Mata. Mata merupakan bagian terpenting di tubuh kita.  Mata merupakan salah satu panca indera dalam kehidupan kita, dengan adanya mata, kita bisa menikmati keindahan alam yang diciptakan Sang Illahi. Maka dari itu, kesehatan mata sangatlah penting untuk kita jaga.
Banyak sekali penyakit mata yang dapat  menyerang kita sewaktu-waktu, contohnya rabun jauh, rabun dekat, miopi dan lain-lain. Hal ini bisa disebabkan karena aktifitas kita sehari-hari seperti: kita yang terlalu sering membaca buku sambal tiduran, jarak saat menonton televise terlalu dekat,, bermain game terlalu lama, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu banyak cara menjaga kesehatan mata yang bisa kita lakukan agar dapat terhindar dari penyakit mata tersebut. Berikut ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata:

8 Cara Menjaga Kesehatan Mata:

1.Periksa Mata Secara Rutin
Coba untuk melakukan pemeriksaanmata secara rutin, hal ini dapat membantu anda memastikan apakah mata anda mengalami gangguan atau tidak.

2.Makan Buah-Buahan Dan Sayuran
Perbanyak konsumsi yang mengandung vitamin yang baik untuk mata, contohnya wortel. Wortel adalah makanan yang mengandung betakaroten yang bagus untuk menjaga kesehatan mata kita. Karena betakaroten adalah antioksidan yang dapat mengurangi resiko degenerasi makula.

3.Hindari Memakai Lensa Kontak Terlalu Lama
Memakai lensa kontak lebih dari 19 jam akan menyebabkan kerusakan pada amta secara permanen, serta membuat mata kita emnjadi tidak nyaman.

4.Berhenti Merokok
Merokok berpotensi menimbulkan sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata kita.

5.Kurangi Penggunaan Tetes Mata
Menggunakan tets mata boleh-boleh saja asal hanya sesekali. Misalnya untuk menetesi mata kita yang merah. Jika kita menggunakannya terlalu berlebihan, hal ini malah akan merusak mata kita.

6.Istirahatkan Mata
Jika kita sudah banyak menghabiskan waktu didepan layar komputer atau terlalu lama focus pada satu hal, maka alangkah baiknya kita mengistirahatkan mata kita yang Lelah.

7.Pakai Pelindung Mata
Coba utnuk memakai pelinfung mata dalam segala aktivitas kita. Sekarang banyak kaca mata yang dirancang khusus untuk membantu mata terkena cedera mata dan terhindar dari debu.

8.Tidur Yang Cukup
Kurangnya waktu istirahat akan membantu memperburuk penglihatan kita. Setidaknya kita membutuhkan waktu lima jam untuk tidur untuk benar-benar mengisi tenaga mata. Salah satu efek yang akan terjadi jika kita kekurangan waktu tidur adalah terjadinya kejang mata.


EmoticonEmoticon