Pengertia angin Muson Barat dan Kapan terjadinya


Pengertia angin Muson Barat dan Kapan terjadinya . apakah ada yang masih ingat dengan angin ini? Ya, ini merupakan salah satu mata pelajarang kita saat masih SD dulu. Kata Muson sendiri memiliki arti musim. Kata muson sering digunakan untuk menunjukkan arah perubahan musim dana arah angin khususnya  disepanjang pesisir Samudra Hindia.

Perubahan pada letak tebitnya matahari ini dipegaruhi oleh intensitas cahay matahari yang berkaitan dengan tempat lintasan peredaran semu matahari. Nah salah satu akibat dari peredaran ini adalah terjadinya perubahana gerakan angin atau yang biasa kita sebut dengan angin Muson.

 Angin Muson adalah jenis angin yang berhembus minimal 3 bulan dam satu periode denagn periode yang lainnya. angin muson berhembus setiap enam bulan sekali. Berdasarkan letak geografisnya, angin muson dibagi menjadi 2 yaitu ada angin muson barat (angin musim barat) dan angin muson timur (angin musim timur).

1.Angin muim barat atau angin muson barat
Angin musim barat terjadi pada bulan Oktober – Februari. Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut matahari tepat berada digaris bumi lintang selatan hingga lintang ke  23 ½ “LS
Hal tersebut membuat intensitas penyinaran matahari din benua Asia sangat minim dan di benua Australia sangat lah tinggi. Tekanan udara di  Asia menjadi tinggi ini dikarenakan angin bertiup dari Asia ke Australia melalui Indonesia. Angin ini benyak mengandung uap air karena melewati samudra pasifik yang sangat luas.

2.Angin muson Timur
Angin yang biasa  juga  disebut juga angin muson tenggara. Angin ini bertiup pada bulan April sampai Agustus. Hal ini dikarenakan mulai 21 Maret sampai 23 September kedudukan matahari tepat berada di utara sampai di tiitik koordinat garis lintang 23 1/2°. Hal ini lah yang menyebabkan Intensitas sinar matahari lebih tinggi di Benua Asia. Akibatnya, di Asia tekanan udara rendah dan di Australia tekanan udaranya tinggi. Akhirnya, bertiuplah angin dari Australia menuju Asia. Pada saat musim ini, IIndonesia mengalami kemarau, karena angin ini tidak membawa uap air. Hal ini disebabkan oleh anginyang juga melewati stepa dan sabana yang luas,


EmoticonEmoticon