7 tanaman buah langka yang ada di Indonesia


Indonesia sejak dulu terkenal dengan kekayaannya yang amat sangat melimpah dari sumber daya alam yang beragam salah satunya yaitu buah-buahan, jenis buah-buahan di Indonesia sangatlah banyak dan beragam, dari yang familiar seperti, apel, jeruk, semangka dan lain lain Karena sangat banyaknya buah yang tumbuh di Indonesia, sebagian besar banyak yang tidak mengetahui namanya. Buah – buah yang ada di hutan Indonesia, umumnya masih banyak yang belum mengetahuinya.

Pada saat ini kebanyakan masyarakan lebis senang memilih buah-buahan impor disbanding buah-buahan local, apalagi buah yang berasal dari hutan. Buah-buahan hasil hutan di jaman dahulu sangatlah banyak dan beragam, namun saat ini keberadaannya mulai sangat sulit ditemui, bahkan hamper punah digantikan buah-buahan impor

Factor-faktor yang menyebabkan buah-buahan lokal hamper punah, salah satunya adalah penebangan pohon dan hutan oleh masyarakat atau perusahaan yang tidak bertanggung jawab, inilah buah-buahan yang termasuk langka di Indonesia.

7 tanaman Buah langka yang ada di Indonesia

1.Buah Kecapi
Buah ini merupakan buah-buahan yang langka di Indonesia yang mempunyai nama lain buah Sentul atau ketuat, buah kecapi yang bernama latin Sandoricum koetjape(Burm.f.) Merr, buah ini mempunya bentuk seperti bola tenis dengan diameter sekitar 6-7 cm. jika matang kulit buah ini berwarna kuning keemasan dan memiliki bulu yang halus, rasa buah ini manis dan bercampur masam.

2.Buah jamblang atau duwet
Buah jamblang atau buah duwet ini bernama latin Syzygium cumini. Buah ini termasuk golongan dari jenis jambu-jambuan. Buah ini berbentuk lonjong dan panjang sekitar 2 sampai 4 cm, jika matang buah ini berwarna ungu kehitaman, rasa buah ini masih dan bercampur sepet.

3.Buah cempedak
Bentukbuah ini sangat mirip dengan buah nagka, namun rasa dan musimnya yang berbeda. Buah cempedak ini memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan buah nangka dan batang buahnya memiliki getah yang lebih cair daripada buah nangka.
Buah yang tumbuh setahun sekali ini sangat langka ditemukan dipasaran. Buah yang bisa diolah beraneka ragam makanan ini dari manisan, gorengan, dan bahkan bisa dimakan langsung.

4.Buah Kawista
Buah yang berbetuk bulat ini dengan kulit yang keras dan berwarna putih sedikit kecoklatan. Aroma buah ini sangat wangi dan menggoda, buah yang sering dijadikan sirup ini sekarang sangat langka dipasaran.

5.Buah buni
Buah buni atau banyak orang yang memangilnya dengan sebutan buah wuni, buah ini ber ciri khas byahnya yang berasa pada satu tandan jika matang buah ini berwana merah kehitam-hitaman.
Tekstur buah ini bila dimakan adalah berair dam memiliki biji kecil di dalamnya, biasanya buah ini sering dijadikan rujak.

6.Buah kesemek
Buah yang bernama latin Oriantal Persimmon. Buah yang benteknuya menyerupai buah apel ini namun berbeda dengan apel, buah ini terdapat semacam bedak putih yang menyelimuti kulit buah ini.
Jika buah ini matang akan berwarna kuning mendekari orange, rasa dari buah ini sendiri manis dan bercampur sepet.

7.Buah Kelubi
Buah Kelubi yang bernama latin Eleiodoxa conferta. Buah yang merupakan dari jenis palma. Buah yang berbentuk mirip salah ini sering juga disebuat salak rimba, buah yang sering dijadikan manisan ini Karena sangat masam, buah ini memiliki kandunagn vitamin C yang banyak dan juga sehat bagi tubuh.


EmoticonEmoticon